Candi Kalasan Yogyakarta

Candi Kalasan
Sumber : Photodharma.net

Travelholic pasti tahu bahwa di Yogyakarta banyak sekali peninggalan sejarah yang masih terawat dengan baik, mulai dari Keraton dan Candi Prambanan. Nah yang kali ini akan kita bahas adalah Candi Kalasan. Ada yang pernah dengan Candi Kalasan ini?…… setahu Mas Ewo candi ini mungkin pernah kita dengar saat belajar sejarah di Sekolah.

Atap Dalam Candi Kalasan
Sumber : photodharma.net

Candi Kalasan ini terletak di Dusun Kalibening, Desa Tirtomartani dan dikenal juga sebagai Candi Kalibening atau Candi Tara. Keterangan mengenai Candi Kalasan dimuat dalam Prasasti Kalasan yang ditulis pada tahun Saka 700 (778 M). Prasasti tersebut ditulis dalam bahasa Sanskerta menggunakan huruf pranagari. Dalam Prasasti Kalasan diterangkan bahwa para penasehat keagamaan Wangsa Syailendra telah menyarankan agar Maharaja Tejapurnama Panangkarana mendirikan bangunan suci untuk memuja Dewi Tara dan sebuah biara untuk para pendeta Buddha. Menurut prasasti Raja Balitung (907 M), yang dimaksud dengan Tejapurnama Panangkarana adalah Rakai Panangkaran, putra Raja Sanjaya dari Kerajaan Mataram Hindu.

Baca juga : Candi-Candi Menawan Di Yogyakarta

Pada candi Kalasan ini memiliki lapisan penutup candi yang dinamakan Bajralepa, yaitu semacam plesteran di ukiran batu halus. Detil dari hiasan Bajralepa ini yang merupakan salah satu ciri Candi Kalasan, yang juga dijumpai pada Candi Sari. Travelholic wajib berkunjung ke Candi Kalasan ini jika sedang berlibur di Yogyakara, karena bentuk Candi Persegi yang unik dan Bangunannya yang terlihat Kokoh memberikan kesan yang begitu kuat bagi para pengunjungnya.

Baca Juga :   Candi-Candi Menawan Di Yogyakarta
Sumber : jogjaempatroda.com
Sumber : jogjaempatroda.com

Candi Kalasan mudah diakses karena letaknya tepat berada di Jl. Raya Solo-Yogyakarta mudahnya akses masuk masuk ke Candi Kalasan terletak di Seberang Rumah Sakit Bhayangkara dan SMPN 1 Kalasan. Jika Travelholic membawa kendaran pribadi ataupun Bis tidak perlu khawatir, karena akses menuju Candi Kalasan dapat dicapai menggunakan kendaraan roda empat maupun Bis. Untuk Tiket Masuk Ke Candi Kalasan Gratis, sedangkan waktu berkunjung ke Candi Kalasan pukul 06.00 – 18.00 WIB.

Bagi travelholic yang suka foto-foto, lokasi ini sangat cocok walaupun bangunan Candi Kalasan belum lengkap karena banyak batuan yang hilang bahkan Arca Perunggu yang awalnya berada di dalam Candi Kalasan Kini Sudah tidak ada lagi. Candi Kalasan belum dikelola dengan baik oleh pemerintah, tidak seperti Candi Prambanan dan Candi Borobudur. Oleh karenanya, Travelholic sekalian jika berkunjung ke Candi Kalasan jangan lupa Share kepada Teman-teman maupun baik langsung maupun media Sosial agar pemerintah bisa memberikan perhatian lebih kepada peninggalan sejarah bangsa Indonesia.