Memajukan Bangsa Dengan Wirausaha

Wirausaha merupakan suatu profesi yang sangat fleksibel tidak terikat waktu dan cenderung bebas. Perkembangan teknologi saat ini sudah mendorong munculnya startup business yang unik dan berbeda dari beberapa dekade kebelakang.

Munculnya Startup – Startup Business tersebut merupakan bentuk baru wirausaha yang banyak memanfaatkan teknologi informasi untuk membangun jaringan serta memasarkan produk atau jasanya. Hal ini haruslah menjadi Trigger untuk memotivasi kita agar bisa berperan dalam membangun bangsa dengan menjadi wirausahawan.

Berdasarkan data BPS pada tahun 2013/2014 ratio wirausahawan di Indonesia hanya sebesar 1,6% dari Jumlah penduduk Indonesia. Dan pada tahun 2016 ratio tersebut naik menjadi 3,1 persen atau 7,8 Juta penduduk dari total penduduk Indonesia 252 Juta penduduk. Hal tersebut merupakan indikator kebaikan dan menggambarkan bahwa pertumbuhan wirausaha di Indonesia dalam 2 tahun terakhir sangat menggembirakan.

Namun, dibandungkan dengan negara-negara tetangga kita ratio pertumbuhan wirausahawan di Indonesia sangat jauh tertinggal. Sebagai perbandingan, ratio pertumbuhan wirausaha tahun 2016 di Malaysia adalah 5%, sedangkan China 10 % dan Singapura sebesar 7 %. Jumlah pengusaha di china pada tahun 2013 saja sejumlah 196 juta penduduk.

Baca Juga :   Our Rohingya

Maka Tidak salah jika bangsa china menguasai sebagian besar perekonomian dunia dengan jumlah wirausaha yang sebesar itu. Kita bisa belajar kepada China dengan mendorong masyarakat untuk menjadi wirausaha disegala bidang dan pemerintah menjadi wadah yang mempertemukan mereka demi membangun kesuksesan bersama serta memajukan bangsa Indonesia.

Hal tersebut sangatlah mungkin, dengan berbagai sumber daya yang dimiliki Indonesia saat ini kita berpotensi besar menjadi negara maju yang tingkat ekspornya tinggi. Sehingga dengan banyaknya muncul wirausaha-wirausaha baru yang tahan banting akan bisa meningkatkan perekonomian bangsa Indonesia dan menjadi pelopor dalam memajukan bangsa Indonesia.

Bagi kalian yang sudah menjadi Wirausaha dan merasa bahwa tujuan anda bukan hanya profit individu semata tetapi berusaha mendorong kesejahteran masyarakat secara luas ayo ikut Danamon Entrepreuner Awards 2017 agar dapat mendorong tumbuhnya wirausahawan – wirausahawan baru.

sumber : Kompasiana.com