Gunung-Gunung Yang Wajib Anda Kunjungi di Jawa Tengah

Setelah kita membahas mengenai Gunung-Gunung Menawan Yang Wajib Dikunjungi Di Banten dan Gunung-Gunung Di Jawa Barat Yang Harus Kamu Kunjungi, kali ini kita akan membahas mengenai Gunung-Gunung yang wajib dikunjungi di Jawa Tengah. Mas Ewo yakin mountholic sekalian pasti sudah tidak asing dengan beberapa gunung yang akan dibahas kali ini. Mari kita bahas gunung-gunung yang menarik untuk mountholic sekalian taklukan, berikut daftanya :

GUNUNG SLAMET (3428 MDPL)

Gunung Slamet
Sumber Gambar : Katulistiwa.info

Gunung Slamet merupakan gunung tertinggi di Provinsi Jawa Tengah, tinggi gunung slamet hanya dikalahkan oleh Gunung Semeru di Provinsi Jawa Timur. Hal tersebut yang menyebabkan Gunung Slamet menjadi gunung favorit bagi mountholic, dan seringkali menjadikan obsesi para mountholic untuk menaklukannya terlepas dari status Gunung Slamet yang merupakan Gunung Berapi Aktif. Gunung Slamet berada di 5 Kabupaten di Jawa Tengah, Yakni Brebes, Banyumas, Purbalingga, Tegal, dan Pemalang.

Trek di Gunung Slamet terkenal sulit dan Dipuncaknya terdapat 4 Buah kawah yang sampai saat ini masih aktif, namun hal tersebut tidak mengurungkan niat para mountholic untuk mendakinya, terbukti dengan semakin banyaknya mountholic yang mendaki Gunung Slamet. Jalur pendakian paling umum Gunung Slamet adalah jalur Blambangan yang ada di Desa Kutabawa, Kecamatan Karangreja, Purbalingga.

GUNUNG SINDORO (3150 MDPL)

Gunung SIndoro
Sumber Gambar : explore1ndonesia.blogspot.co.id

Selain Gunung Slamet, Gunung Favorit lainnya di Jawa Tengah adalah Gunung Sindoro. Gunung Sindori ini memiliki ketinggian di 3.150 MDPL dan dikunjungi mountholic dari berbagai daerah bukan hanya dari Jawa Tengah. Salah satu hal yang menarik di Gunung Sindoro adalah saat melewati padang sabana yang penuh dengan bunga Edelweis.

Jalur pendakian yang umum digunakan adalah jalur Kledung yang terletak di Kabupaten Temanggung. Estimasi waktu pendakian sampai ke Puncak Sindoro adalah 5-6 Jam. Basecamp pendakian gunung sindoro dan gunung sumbing tidak berjauhan, hal itu karena letak gunung itupun bersebelahan.

GUNUNG SUMBING (3371 MDPL)

Gunung Sumbing
Sumber Gambar : satujam.com

Gunung Sumbing terletak di 3 Kabupaten antara lain : Magelang, temanggung dan Wonosobo. Gunung Sumbing merupakan gunung tertinggi ketiga di Pulau Jawa setelah Gunung Semeru dan Gunung Slamet dengan ketinggian 3.371 MDPL. Gunung Sumber terletak di antara tiga kabupaten di Jawa Tengah yakni Magelang, Temanggung, dan Wonosobo.

GUNUNG MERBABU (3145 MDPL)

Gunung Merbabu
Puncak Gunung Merbabu – Sumber Gambar : ahmadpajalibinzah.blogspot.co.id

Gunung Merbabu sangat populer bagi para mountholic, medan Merbabu yang tidak terlau berat namun tidak ada sumber air dianggap sebuah tantangan yang cukup menarik. Gunung ini memiliki ketinggian di 3.145 MDPL . ada beberapa jalur pendakian yang populer bagi mountholic untuk menyusuri Gunung Merbagu, antara lain : Jalur Kopeng Thekelan, Jalur Wekas, Jalur Kopeng Cunthel dan Jalur Selo.

GUNUNG MERAPI (2.930 MDPL)

Gunung Merapi
Sumber Gambar : Yogyatravel.com

Gunung Merapi adalah gunung berapi yang memiliki ketinggian 2.930 MDPL di bagian tengah Pulau Jawa dan merupakan salah satu gunung api teraktif di Indonesia. Lereng sisi selatan berada dalam administrasi Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan sisanya berada dalam wilayah Provinsi Jawa Tengah, yaitu Kabupaten Magelang di sisi barat, Kabupaten Boyolali di sisi utara dan timur, serta Kabupaten Klaten di sisi tenggara. Kawasan hutan di sekitar puncaknya menjadi kawasan Taman Nasional Gunung Merapi sejak tahun 2004.

Baca Juga :   Gunung-Gunung Menawan Yang Wajib Dikunjungi Di Banten

Pemandangan di Gunung Merapi tidak terlalu istimewa dibandingkan gunung di sebelahnya. Sejak melangkahkan kaki di New Selo sebagai titik awal pendakian kita hanya akan melihat pemandangan perkebunan penduduk. Gunung Merapi juga tidak memiliki pemandangan cantik seperti Sudaranya Gunung Merbabu, dan jangan berharap menemukan Bunga Edelweis di sini. Pendakian di Gunung Merapi tidak di izinkan sampai puncak demi alasan keamanan, pendaki maksimal boleh sampai di Pasar Bubrah.

GUNUNG LAWU (3.265 MDPL)

Gunung Lawu
Sumber Gambar : News.liputan6.com

Gunung Lawu adalah gunung yang berada di perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur. Gunung yang memiliki ketinggian 3.265 MDPL ini terletak di antara tiga kabupaten yaitu Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Kabupaten Ngawi, dan Kabupaten Magetan. Gunung Lawu memiliki tiga puncak, Puncak Hargo Dalem, Hargo Dumiling dan Hargo Dumilah sebagai puncak tertingginya.

Pendakian standar dapat dimulai dari dua tempat (basecamp): Cemorokandang di Tawangmangu, Jawa Tengah, serta Cemorosewu, di Sarangan, Jawa Timur. Gerbang masuk keduanya terpisah hanya 200 m.

GUNUNG UNGARAN (2.050 MDPL)

Puncak Gunung Ungaran
Sumber Gambar : www.catatanhariankeong.com

Gunung Ungaran adalah gunung berapi yang terletak di Ungaran, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah dan memiliki ketinggian 2.050 MDPL. Di Gunung Ungaran terdapat sumber mata air panas di kaki gunungnya yang mengindikasikan adanya aktivitas panas bumi di bawah tanah. Lokasi sumber mata air panas tersebut terdapat di Candi Gedong Songo dan Gonoharjo, Limbangan, Kendal.

Gunung Ungaran ini memiliki tiga jalur pendakian sampai puncak yakni jalur candi Gedung Songo, jalur Jimbaran, dan jalur Medini. Dari tiga jalur tersebut yang sering di lewati pendaki yakni jalur candi Gedung Songo dan jalur Jimbaran. Gunung ini terdiri dari tiga buah gunung yakni Gn. Gendol, Gn.Botak, dan Gn. Ungaran. tempat pendaftaran pendakian di Gunung Ungaran ada di Camp mawar, Cam Mawar ini bisa dijadikan untuk tempat berteduh dari hujan, kabut dan dinginnya angin malam gunung ungaran. Ada Mushola, tempat mandi, toilet, listrik dan pesediaan air melimpah. Kalau ingin jajan yang anget-anget, di atas camp ada deretan warung yang menjual makanan dan minuman, tentunya dengan harga yang sudah disesuaikan. Bila ingin kemah, kamu bisa mendirikan tenda di camping ground dekat dengan pepohonan pinus.

GUNUNG PRAU/PRAHU (2.565 MDPL)

Puncak Gunung Prau
Sumber Gambar : berbagitrip.blogspot.com

Gunung Prau terletak di kawasan Dataran Tinggi Dieng, Jawa Tengah, Indonesia, Kawasan  ini memang terkenal memiliki keindahan yang luar biasa. Gunung Prau sendiri memiliki ketinggian tertinggi di 2.565 MDPL yang puncaknya merupakan padang rumput luas yang memanjang dari barat ke timur. Gunung Prau merupakan puncak tertinggi di kawasan Dataran Tinggi Dieng, dengan beberapa puncak yang lebih rendah di sekitarnya, antara lain Gunung Sipandu, Gunung Pangamun-amun, dan Gunung Juranggrawah.

Baca Juga :   Gunung-Gunung Di Jawa Barat Yang Harus Kamu Kunjungi

Terdapat 8 Jalur pendakian untuk menuju puncak Gunung Prau, 6 di antaranya adalah jalur pendakian yang dibuka untuk umum. Sedangkan 2 lainnya adalah jalur yang masih dijaga ekosistemnya dengan tidak membukanya sebagai jalur pendakian umum. 6 Jalur tersebut antara lain : Jalur Patak Banteng, Jalur Kali Lembu, Jalur Dieng Wetan, Jalur Dieng Kulon, Jalur Campurejo dan Jalur Wates.

GUNUNG ANDONG (1.726 MDPL)

Puncak Gunung Andong
Sumber Gambar : yukpiknik.com

Gunung Andong adalah sebuah gunung bertipe perisai di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Gunung ini belum pernah mempunyai aktivitas meletus. Gunung Andong terletak di antara Ngablak dan Tlogorjo, Grabag dan berketinggian sekitar 1.463 m. Pendakian Gunung Andong dapat dimulai dari Basecamp di Dusun Sawit Kecamatan Ngablak, Kab. Magelang.

GUNUNG TELOMOYO (1.894 MDPL)

Gunung Telomoyo
Sumber Gambar : Kesiniaja.com

Gunung Telomoyo terletak di wilayah Kabupaten Semarang dan Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Gunung ini memiliki ketinggian 1.894 m dpl dan merupakan gunung api y tetapi belum pernah tercatat meletus. Ia terlihat dari kota-kota sekitar, seperti Salatiga, Ambarawa, dan Secang, Magelang. Gunung ini satu daerah Gunung Merbabu dan Andong, dan Basecampnya pun berdekatan.  Uniknya untuk sampai kepuncak Gunung Telomoyo Mountholic sekalian bisa menggunakan kendaran Sepedah motor loh… hahah  jadi ga perlu repot-repot…  Puncak Gunung Telomoyo ini berada Gardu Listrik jadi sayangnya kita tidak bisa menikmati keindahan pemandangan dari puncaknya.

Disini anda bisa menikmati pemandangan Gunung Andong dari Gadu pandang berupa susunan papan kayu di atas jurang… ini spot bagus untuk berfoto.

GUNUNG MURIA (1.601 MDPL)

Kemplek Makam Sunan Muria
( Komp. Makam Sunan Muria) | Sumber Gambar : rimanews.com

Gunung Muria adalah sebuah gunung di wilayah utara Jawa Tengah bagian timur, yang termasuk ke dalam wilayah Kabupaten Kudus di sisi selatan, di sisi barat laut berbatasan dengan Kabupaten Jepara, dan di sisi timur berbatasan dengan Kabupaten Pati. Di kawasan ini terdapat tempat yang sangat legendaris peninggalan Wali Songo, yaitu pesanggrahan di kawasan puncak Gunung Muria yang dalam sejarah negeri ini merupakan basis pesanggrahan di mana Kanjeng Sunan Muria menyebarkan agama Islam di tanah Jawa. Di sini pulalah Sunan Muria dimakamkan. Nama Gunung Muria dan daerah Kudus dinamakan berdasarkan nama Bukit Moria dan kota Al-Qudus/Baitul Maqdis/Yerusalem.

Gunung Muria mempunyai ketinggian 1.601 meter dari permukaan laut. Gunung muria ini mempunyai banyak puncak, antara lain:

  1. Puncak Songolikur; merupakan puncak tertinggi di Gunung Muria. Sering juga disebut sebagai puncak Saptorenggo.
  2. Puncak Candi Angin; tapi sampai saat ini belum ada yang tau berapa ketinggian puncak Candi Angin
  3. Puncak Argowiloso; tapi sampai saat ini belum ada yang tau berapa ketinggian puncak Argowilogo
  4. Puncak Argojembangan
  5. Puncak Abiyoso
Baca Juga :   Gunung-Gunung Di Jawa Barat Yang Harus Kamu Kunjungi

GUNUNG ROGOJEMBANGAN (2.117 MDPL)

Gunung Rogojembangan
Sumber Gambar : Wikipedia.org

Gunung Rogojembangan adalah sebuah gunung yang terdapat di perbatasan Banjarnegara dan Pekalongan. Secara administratif gunung ini berada di kecamatan wanayasa kabupaten Banjarnegara. Gunung ini adalah salah satu puncak dari pegunungan Serayu utara yang menjulang dari sebalah barat dieng sampai mendekati Gunung Slamet. Gunung Rogojembangan memiliki ketinggian sekitar 2117 mdpl. Gunung ini memiliki 2 akses pendakian, yang pertama bisa melalui kecamatan wanayasa Kabupaten Banjarnegara dan Kecamatan Petungkriono Kabupaten Pekalongan. Ada beberapa desa yang mengelilingi kaki gunung ini yaitu: Gumelem, Semego, Balun dan Karang Tengah. Namun jalur pendakian yang paling sering dilalui adalah dari desa Gumelem dan melalui desa Semego.

Ada tujuh air terjun di Gunung ini, dan sering dikunjungi wisatawan yakni Curung Muncar, Curug Banteng, Curung Lawe, Curug Kedunglumbu dan Curug Sibedug. Puncak gunung ini tidak terlalu lebar kira-kira hanya selebar lapangan batminton, berupa tanah yang datar dan tanpa tumbuhan.

GUNUNG LASEM (806 MDPL)

Gunung Lasem adalah sebuah gunung yang terdapat di bagian tengah Kabupaten Rembang membujur mulai dari pegunungan Kapur Utara di bagian selatan hingga ke pesisir pantai Utara di sebelah utara. Gunung dengan ketinggian 806 meter dpl ini sebagian besar berada di wilayah kecamatan Lasem Kabupaten Rembang Jawa Tengah. Dan meliputi beberapa kecamatan seperti Sluke, Kragan, Sedan, Pamotan dan Pancur.

Puncak tertinggi di Gunung Lasem adalah Puncak Argopuro, Banyak pendaki yang datang ke Gunung Lasem terutama pada akhir pekan dan masa liburan. Untuk mencapai puncak Argopuro kita bisa melalui Jalur Nyode. Kec Pancur kab. Rembang. dari sini kita bisa berkendara dengan mobil sampai desa terakhir. Di Desa terakhir merupakan pos pendakian terakhir dan perlu perjalanan kurang lebih 3 jam berjalan kaki untuk mencapai puncak.

Selain jalur Nyode bisa juga menggunakan Jalur pendakian Gowak atau desa kajar.

 

GUNUNG GAJAH (1.100 MDPL)

Gunung Gajah
Sumber Gambar : ykbn.wordpress.com

Gunung Gajah adalah sebuah gunung di Pemalang Jawa Tengah. Secara administrasi gunung ini terletak di desa Gongseng Kecamatan Randudongkal, Kabupaten Pemalang. Gunung ini berjarak 35 km dari Kota Pemalang ke barat daya. Gunung Gajah memiliki ketinggian sekitar 1.100 mdpl, dinamakan Gunung Gajah karena bentuknya yang mirip sosok seekor Gajah. Disekitar Gunung Gajah masih banyak terlihat jenis monyet yang bergelantungan di pohon-pohon, jika hari menjelang sore bahkan mereka akan turun ke tanah mencari sisa makanan dari pengunjung yang datang.

Jalan menuju Gunung Gajah adalah melalui Desa Kejene Kecamatan Randudongkal, kondisi jalan melalui desa ini sudah beraspal dan bisa ditempuh dengan kendaraan. Bagi yang hobi Motorcross lokasi di sini sangat cofcok untuk kegiatan Offroad tersebut.