Hasil Gelar Perkara Kasus Dugaan Penistaan Agama oleh Ahok diumumkan Hari Ini

Selasa (15/11) pukul 9 pagi telah dimulai gelar perkara atas kasus dugaan penistaan agama oleh Basuki Tjahja Purnama (Ahok). Gelar perkara dilakukan di Ruangan Rupatama Mabes Polri Jakarta. Ahok sendiri tidak menghadiri gelar perkara tersebut dan diwakilkan oleh tim kuasa hukumnya yang dipimpin oleh Sirra Prayuna. “Hari ini Pak Ahok tidak hadir karena kegiatan beliau melakukan sosialisasi dengan warga di Rumah Lembang. Kegiatan di sana sudah terjadwal sebelumnya jadi tidak bisa hadir di sini,” ungkap Sirra Prayuna seperti yang dilansi oleh Tribunnews.

Gelar perkara tersebut dipimpin oleh Kepala Bareskrim Polri dan dihadiri oleh pengawas yang terdiri dari Kompolnas, Komisi III DPR dan Ombudsman RI. Terdapat tiga kelompok saksi yang hadir dalam gelar perkara tersebut. Saksi dari Polri sejumlah 13 orang. Saksi dari Pelapor sejumlah 5 orang. Sedangkan Saksi dari terlapor sejumlah 13 orang.  Berikut komposisi saksi pada Gelar Perkara Ahok (15/11) :

Saksi Polri

Saksi Ahli Bahasa
7. Prof. DR. Wahyu Wibowo
8. Dr. Can Niknik M. Kuntoro
9. Wiwin Erni Siti Nurlina

Baca Juga :   Ribuan Santri Ciamis Melakukan Aksi Jalan Kaki Menuju Jakarta

Ahli Pidana
10. Prof. Edward Omar Haritjh
11. Prof. Dr. Indriyanto Seno Aji
12. Dr. Eva Achjani Zulfa
13. Dr. Pujiono

Saksi dari Pelapor
Ahli Agama
1. Habib Riziek

Ahli Pidana
2. Dr. Muzakir
3. Abdul Chair Ramadhan, SH. , MH.

Ahli Bahasa
4. Dr. Husni Muaz
5. Dr. Rohmadi M.Pd.

Informasi dari Humas Mabes Polri Boy R

Kadiv Humas Mabes Polri Inspektur Jenderal Boy Rafli Amar mengungkapkan, gelar perkara akan dibuka oleh Kepala Badan Reserse Kriminal Polri Komisaris Jenderal Ari Dono Sukmanto. “Setelah itu ada pemaparan tentang perkara oleh pihak Bareskrim dan tim yang menanganinya. Lalu pelapor atau masyarakat yang melakukan pelaporan diberi kesempatan untuk menjelaskan hal-hal yang dilaporkan,” ucap Boy.

Lantas para saksi ahli secara bergantian akan memberikan penjelasan. Kemudian, lanjut Boy, penyidik akan membahas pemaparan masing-masing ahli. Hasil gelar (gelar perkara Ahok) hari ini diumumkan besok pukul 11.00 WIB.  Mari kita tunggu bersama hasilnya, semoga bisa memenuhi rasa keadilan masyarakat luas.

Baca Juga :   Interupsi Sidang Paripurna DPR RI oleh Anggota Fraksi PKS AlMuzzamil Yusus, Soal Penahanan Nurul Fahmi