Pulau Weh, Surga Di Ujung Barat Indonesia

Pulau Weh merupakan bagian dari provinsi Aceh. Kota di Pulau Weh adalah Kota Sabang dan menjadi Kota terluar di Indonesia. Pulau Weh memiliki luas 156,3 km² terdiri dari beberapa pulau kecil yang terbentuk sebagai akibat dari letusan gunung yaitu Pulau Weh (121 km2), Pulau Rubiah (0,357 km2), Pulau Seulako (0,055 km2), Pulau Klah (0,186 km2), dan Pulau Rondo (0,650 km2).

Jika anda mengunjungi pulau weh, anda akan menemukan monumen Nol Kilometer yang terletak di sebelah barat Pulau. Akses ke Pulau Weh tidak terlalu sulit, Travelholic bisa melalui Udara maupun Laut.  Untuk melalui jalur Udara anda bisa melalui bandara Kuala Namu (Medan) maupun Bandara Sultan Iskandar Muda (Aceh) menuju  Bandara Maimun Saleh Kota Sabang menggunakan Maskapai Garuda Indonesia. Untuk jalur laut Travelholic bisa melalui Pelabuhan Ulee Lheue di Banda Aceh dengan menaiki Kapal Feri atau Kapal Cepat menuju Pulau Weh.

Berikut Destinasi Wisata di Pulau Weh / Sabang yang Travelholic bisa kunjungi :

  1. Pantai Sumur Tiga
  2. Danau Aneuk Laot
  3. Pantai Iboih
  4. Pulau Rubiah
  5. Kilometer Nol Indonesia
  6. Pantai Anoi Itam
  7. Benteng Jepang Anoi Itam
  8. Goa Sarang
  9. Air Terjun Pria Laot
  10. Pemandian Air Panas Jaboi
  11. Pantai Paradiso
  12. Pantai Kasih
  13. Pantai Tapak Gajah
  14. Pantai Gapang
  15. Pulau Klah
Baca Juga :   Sejarah Dibangunannya Candi Prambanan Yogyakarta

Transportasi Menuju Pulau Weh

Seperti sebelumnya Mas Ewo sampaikan bahwa untuk menuju Pulau Weh / Kota Sabang kita bisa melalui Pesawat Udara maupun Kapal Ferry/roro. Untuk mencapai Pulau Weh / Kota Sabang Travelholic bisa menggunakan Kapal Ferri maupun Kapal Cepat dari pelabuhan Ulee Lheue (Banda Aceh)  menuju Pelabuhan Balohan (Pulau Weh), untuk menuju ke Pelabuhan Ulee Leheue dari Bandara Sultan Iskandar Muda, Travelholic bisa menggunakan transportasi seperti taxi atau labi-labi.

  • Taxi Bandara Sultan iskandar Muda, Banda Aceh Menuju Pelabuhan Ulee Lheue  = Rp. 150.000,-
  • Tarif Carter Labi-labi dari terminal bus Menuju Pelabuhan Ulee Lheue  = Rp. 80.000,-
  • Tarif Angkutan Umum atau becak motor menuju Pelabuhan Ulee Lheue = Rp. 5.000, – s/d Rp. 10.000,-

Di pelabuhan Ulee Lheue terdapat 2 jenis kapal penyeberangan yaitu Kapal Cepat dengan waktu tembuh menuju Pulau Weh sekitar 45 menit atau Kapal Ferry / roro dengan waktu temput 2 jam. Jika travelholic membawa kendaraan pribadi maka hanya dapat menggunakan penyeberangan Kapal Ferry / roro. Berikut tarif dan penyeberangan Kapal dari Pelabuhan Ulee Lheue (Banda Aceh) menuju Pelabuhan Balohan (Pulau Weh / Sabang).

Baca Juga :   Candi Kalasan Yogyakarta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *