Candi-Candi Menawan Di Yogyakarta

Mengunjungi Yogyakarta (Jogja) tentu tidak sah jika kita tidak mengunjungi lokasi-lokasi peninggalan sejarah yang ada disana, karena budaya yang masih sangat kental merupakan daya tarik khusus Daerah Istimewa Yogyakarta ini.

Lokasi yang seringkali menjadi pusat perhatian bagi para Travelholic di Yogyakarta adalah mengunjungi Candi-Candi yang berumum ribuan tahun serta masih terjaga orisinalitasnya. Berikut beberapa candi yang sangat menawan dan Mas Ewo yakin akan membuat Travelholic sekalian tidak akan melupakannya:

1. CANDI PRAMBANAN

Candi_Prambanan
Sumber Gambar : Id.wikipedia.org

Candi Prambanan merupakan salah satu destinasi wisata di Daerah Istimewa Yogyakarta, Candi yang menurut legenda masyarakat Jawa dibangun hanya dalam semalam ini berada 17 Km dari pusat kota Yogyakarta dan di perbatasan Antara Provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Baca Juga : Candi Prambanan Destinasi Wisata Sejarah dan Budaya

2. CANDI KALASAN

Candi_Kalasan
Sumber Gambar : id.Wikipedia.Org

Candi Kalasan atau disebut juga Candi Tara konon dibangun sebagai persembahan bagi Dewi Tara. Lokasi Candi Kalasan ini terletak di Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman tepatnya di desa Tirtomartani.

Baca Juga :   Pulau Weh, Surga Di Ujung Barat Indonesia

Baca juga : Candi Kalasan Yogyakarta

3. CANDI SEWU

Candi_Sewu
Sumber gambar: Id.Wikipedia.Org

Candi Sewu atau Candi Seribu dalam bahasa Jawa merupakan Komplek Candi yang berada di Kabupaten Klaten Provinsi Jawa Tengah perbatasan dengan Daerah Istimewa Yogyakarta. Letaknya tidak terlalu jauh dari Candi Prambanan.

4. CANDI MENDUT

Candi_Mendut
Sumber gambar : Id.Wikipedia.Org

Candi Mendut merupakan Candi Budda yang berlokasi 38 Km dari Yogyakarta, atau sekitar 3 Km dari Candi Borobudur. Didalam Candi Mendut Terdapat berbagai Arca yang masih terjaga sampai saat ini.

5. CANDI SAMBI SARI

Candi_Sambi_Sari
Sumber gambar : Jadiberita.com

Candi Sambisari merupakan Candi Hindu yang berlokasi di Sleman, Yogyakarta, tepatnya di wilayah Purwomartani atau 12 km di sebelah timur kota Yogyakarta ke arah Kota solo. Candi ini diperkirakan dibangun pada abad ke 9 atau pada zaman Kerajaan Mataram Kuno.

6. CANDI RATU BOKO

Candi Ratu Boko
Sumber gambar : Flickr.com/photo/sadagus2000

Candi Ratu Boko merupakan Komplek candi yang dibangun sebagai benteng keraton, tempat ibadah dan gua. Dari candi ini Travelholic dapat menikmati pemandangan kota Yogyakarta dan Candi Prambanan dengan berlatar Gunung Merapi.

7. CANDI SARI

Candi Sari
Sumber Gambar : En.Wikipedia.Org

Candi Sari ini terletak tidak jau dari Candi Kalasan, yaitu sekitar 30 Km arat timur. Candi ini diperkirakan dibangun pada abad ke 8 Masehi atau bersamaan dengan pembangunan Candi Kalasan. Di Candi Sari terdapat pintu masuk ke ruang dalam candi.

Baca Juga :   PT. PELNI Operasikan KM. Express Bahari 3B Ke Kepulauan Seribu

8. CANDI PAWON

Candi_Pawon
Sumber Gambar : Id.Wikipedia.Org

Candi Pawon berada di 1,2 Km arab barat dari Candi Mendut atau sekitar 1,8 km arat timur dari Candi Borobudur.. Candi ini terletak tepat di sumbu garis yang menghubungkan antara candi Borobudur dan Candi Mendut.

9. CANDI IJO

Candi_Ijo
Sumber Gambar : Tribunews.com

Candi Ijo merupakan Komplek Candi hindu yang terletak di dataran tinggi Yogyakarta, tepatnya berada di Dukug Groyokan, Desa Sambirejo, Kec. Prambanan, Kab. Sleman. Dari Lokasi Candi ini Travelholic dapat menikmati pemandangan kota Yogyakarta dan menikmati matahari terbenam yang indah, pastinya membuat travelholic betah dan merindukan tempat ini.

10. CANDI GEBANG

Candi_Gebang
Sumber Gambar : Id.Wikipedia.Org

Candi Gebang adalah Candi Hindu yang berada di Dusun Gebang, Kelurahan Wedomartani, Ngemplak, Sleman, Yogyakarta. Candi Ini diperkirakan dibangun sekitar abad ke 8M. candi ini berukuran 5,25 x 5,25 Meter dengan tinggi 8 Meter.

11. CANDI PLAOSAN

Candi_Plaosan
Sumber Gambar: Id.Wikipedia.Org

Candi Plaosan adalah Kompleks Candi yang terletak di Dukuh Plaosan, Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan, Klaten. Kompleks Candi Plaosan terdiri dari 2 yaitu Candi Plaosan Lor dan Candi Plaosan Kidul.

Baca Juga :   Sejarah Dibangunannya Candi Prambanan Yogyakarta

12. CANDI KEDULAN

Candi_Kendulan
Sumber Gambar : agungnovanto-wisatacandi.blogspot.com

Candi Kedulan merupakan Reruntuhan candi yang berada di Dusun Kedulan, Tirtomartani, Kec. Kalasan, Yogyakarta. Candi ini pertama kali ditemukan di tengah sawah penduduk pada tahun 1993 oleh para pencari pasir yang mengeduk pasir untuk bahan bangunan. Candi ini sejak di temukan dalam kondisi yang tidak berbentuk dan perlahan oleh pemerintah di restorasi sesuai dengan batuan disekitarnya.

13. CANDI BARONG

Candi_Barong
Sumber Gambar : Id.Wikipedia.Org

Candi Barong terletak di tenggara Komplek Candi Ratu Boko, Prambanan, Sleman. Tepatnya berada d iatas bukit di Dusun Candisari, Desa Sambirejo, Prambanan, Kab. Sleman, Yogyakarta. Candi ini diperkirakan dibangun sekitar abat ke-9 M atau ke-10 M.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *