Gunung-Gunung Menawan Yang Wajib Dikunjungi Di Banten

Yo Mountholic, jika sebelumnya Mas Ewo berbagi Gunung-Gunung Di Jawa Barat Yang Harus Kamu Kunjungi, Sekarang kita akan membahas mengenai Gunung-Gunung Menawan Yang Wajib Dikunjungi Di Banten. JIka kalian adalah mountholic sejati, jangan sampai hanya berhenti dengan hanya mendaki gunung-gunung yang mainstream dikunjungi oleh para pencinta alam, tetapi kalian juga harus mengunjungi gunung-gunung yang cantik dan menawan yang ada di Banten. Hah…. emangnya Banten ada gunungnya? bukannya pantai doank?…. nah itu dia persepsi yang salah. Oleh karena itu, Mas Ewo akan berbagi beberapa Gunung keren, dan menarik yang bisa mountholic kunjungi di Banten. Berikut daftar gunung-gunung tersebut. :

GUNUNG PULOSARI (1346 MDPL)

Gunung Pulosari
Gunung Pulosari adalah gunung berapi di Kabupaten Pandeglang, Banten, Indonesia. Walaupun tidak ada data letusan yang pernah terjadi, tapi terdapat aktivitas fumarol yang terjadi di dinding kaldera dengan kedalaman 300 meter.(Wikipedia.org)

Bagi masyarakat Banten, gunung Pulosari merupakan gunung penuh dengan mistis dan sangat kramat, disini banyak ditemui situs – situs kuno dalam bentuk batuan. gunung ini memang tidak terlalu tinggi untuk pendakian tinggi gunung ini hanya 1346 Mdpl, sangat pendek memang diantara gunung – gunung lainnya, namun jangan salah trek dan jalurnya sangat menantang bagi para pendaki, Treknya mirip-mirip Gunung Cikurai dan Tanjakannya bikin kaki lemes.

BUKIT BATU GAMBIR MERAK

Gunung Batu Gambir
Sumber Gambar : Travelingyuk.com

Bukit Batu Gambir terletak di daerah Pengobelan, sebuah desa di kawasan Merak yg masih banyak perbukitan asri. Lokasinya agak terpencil harus naik lewat jalan yang sedikit tidak mulus.Disini kita bisa melihat pemandangan terbuka yang menarik dan pendakianpun tidak melelahkan karena hanya berupa bukit batu yang tidak terlalu tinggi.

Baca Juga :   Gunung-Gunung Yang Wajib Anda Kunjungi di Jawa Tengah

GUNUNG BATU LAWANG (100 MDPL)

Gunung Batu Lawang
Sumber Gambar : instagram @hanumdz

Gunung yang berada di wilayah Gerem – Merak, anda dapat melihat objek wisata berupa hamparan pegunungan granit yang memiliki bermacam-macam bentuk bebatuan sehingga membentuk semacam pintu selamat datang. Selain itu anda akan melihat hamparan pesisir barat Kota Cilegon dari Gunung Batu Lawang. Kenapa dinamakan Batu Lawang, karena di tempat tersebut terdapat dua batu besar yang berdampingan, sehingga membentuk celah di antaranya, dan menyerupai sebuah pintu. Kedua batu ini berada di antara Gunung Batur dan Gunung Gede, yang menjadi batas antara Kota Madya Cilegon dengan daerah Bojonegara yang secara administratif masuk wilayah Kabupaten Serang.

GUNUNG BATUR

Gunung Batu - Merak
Sekilas mendengar nama Gunung Batur, pasti mountholic berfikir gunung ini berada di Bali, tapi kalian salah, Gunung batur beradi di Cilegon. Gunung Batur adalah tujuan wisata agro di Kota Baja Banten. Gunung Batur adalah tempat unuk melakukan berbagai kegiatan outdoor seperti Camp, Hiking, dan lain-lain. letaknya berada di 8 kilometer dari pusat kota Cilegon atau tepatnya di Kecamatan Pulomerak.Pemandangan dari puncak Gunung Batur akan menjadi pengalaman tersendiri bagi mountholic sekalian.

GUNUNG GEDE
Gunung Gede ini bukan Gede-Pangrango di Bogor Mountholic, Tapi Gunung Gede di Cilegon Banten. Gunung ini berada di Kawasan Wisatan Cagar Alam Gunung Tukung Gede. Di Cagar Alam ini mengalir dua sungai besar yang bermuara di Pantai Anyer, antar lain Sungai Cikoneng dan Sungai CIgandik. Lokasi Gunung Gede hanya 1 jam dari Pusat kota cilegon. Disini Mountholic bisa hiking, Camping atau sekedar traveling mensyukuri keindahan Alam Indonesia.

Baca Juga :   Gunung-Gunung Di Jawa Barat Yang Harus Kamu Kunjungi

GUNUNG ASEUPAN (1174 MDPL)

Gunung Aseupan
Gunung Aseupan adalah gunung yang terletak di Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten, sekitar 18 km sebelah barat dari pusat kota Pandeglang.Gunung Aseupan memiliki ketinggian hanya 1174 MDPL. Gunung Aseupan ini tidak sepopuler Gunung Pulosari, sehingga jarang pendaki yang melakukan pendakian di gunung ini, Hal ini membuat hutan di Gunung Aseupan masih sangat terjaga keasriannya. Saat melakukan pendakian Mountholic akan menemui banyak tumbuhan kantong semar (Nepenthes Gymnamphora), namun jangan diambil ya mountholic biar tetap alami, ambilah fotonya saja. Gunung yang memilik ketinggian 1174 MDPL ini terdapat sebuah makam tua di puncaknya.

GUNUNG KRAKATAU(semula 839 MDPL) DAN ANAK GUNUNG KRAKATAU (230 MDPL)

Anak Gunung Krakatau
Sumber Gambar : malahayati.ac.id

Gunung Krakatau Adalah Gunung yang terletak di Selat Sunda atau berada diantara pulau Jawa dan Pulau Sumatera. Seperti diketahui Gunung Krakatau pernah meletus dan letusannya merupakan letusan gunung berapi terdasyat di dunia. Konon suara letusan gunung krakatau sampai terdengar di Eropa dan Debu vulkaniknya terbang mencapai Norwegia dan New York. Daya ledakan Gunung Krakatau diperkirakan 10.000 kali lebih besar dari daya ledak bom Atom di Hiroshima dan Nagasaki.

Baca Juga :   Gunung-Gunung Yang Wajib Anda Kunjungi di Jawa Tengah

Daya tarik Gunung kratakau saat ini adalah pada sisa-sisa letusan berupa bentangan alam, ditambah lagi munculkan Anak Gunung Krakatau yang merupakan gunung berapi aktif dan fluktuatif. Ketinggian Anak Gunung Krakatau semakin tahun semakin bertamah, dan menurut ahli ketinggian Anak Gunung Krakatau bertambah 5 cm setiap bulannya.

GUNUNG KARANG (1778 MDPL)

Gunung KarangGunung Karang adalah sebuah gunung berapi non aktif yang terletak di Kabupaten Pandeglang, Banten, Indonesia. Gunung Karang memiliki ketinggian 1.778 meter di atas permukaan laut dengan puncaknya yang bernama Sumur Tujuh karena ada tujuh sumur mata air di puncaknya. Gunung Karang merupakan gunung tertinggi di Provinsi Banten. Selain itu, gunung ini juga menjadi lokasi wisata ziarah favorit di Banten.

GUNUNG PINANG

gunung Pinang
Gunung Pinang merupakan daerah wisata yang dikelola oleh Perum Perhutani KPH Banten. Gunung ini berlokasi di jalur utama Serang-Cilegon. Sebenarnya Gunung Pinang lebih tepat disebut sebagai bukit karena hanya memiliki ketinggian 300 MDPL dan luas 222 HA. Ya tidak terlalu menantang buat memang dibandingkan dengan gunung-gunung populer lainnya. Gunung pinang cukup sejuk dan bisa dijadikan pilihan untuk trekking ringan dan berolah raga. Untuk mencapai puncak Gunung Pinang hanya membutuhkan perjalanan sejauh kurang lebih 2 KM.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *