Gunung-Gunung Di Jawa Barat Yang Harus Kamu Kunjungi

Hi Mountholic, sekarang kita akan membahas mengenai Gunung-Gunung di sekitar Jawa Barat. Coba Kalian Ceklist mana yang sudah kalian kunjungi (daki)….. yuk kita bahas sama sama.

1.  Gunung Batu (875 mdpl)

Gunung Batu
Sumber : Kelanaku.com

Gunung Batu memang tidak telihat seperti gunung, hanya seperti bukit yang terletak di Desa Sukaharja, Sukamakmur, Bogor, Jawa Barat, Indonesia. Gunung Batu dikenal juga dengan Gunung Batu jonggol yang memiliki ketinggian 875 Mdpl.

2.  Gunung Parang (963 mdpl)

Gunung Parang Purwakarta
Sumber Gambar : Zonalibur.com

Gunung Parang (red: namanya serem) terletak di desa Pesanggrahan Kecamatan Tegalwaru Purwakarta, Jawa Barat. Gunung Parang merupakan gunung batu andesit yang memiliki ketinggian 963 mdpl. Gunung parang adalah Objek Wisata di Purwakarta khususnya untuk olah raga panjat tebing, mendaki gunung dan berkemah. Gunung parang ini disebut-sebut sebagai gunung batu adesit tertinggi di Indonesia dan di klaim sebagai Gunung Batu Adesit tertinggi ke-2 di Asia.

3.  Gunung Pancar (300-800 mdpl)

Gunung Pancar
Sumber Gambar : initempatwisata.com

Gunung Pancar terletak di Kecamatan Citeureup, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Indonesia. Gunung Pancar terletak di Ketinggian 300-800 mdl dengan dataran yang landai sampai bergelombang terjal. Puncak gunung pancar berada di 800 mdpl dan Pasir Astana 700 mdpl.

4.  Gunung Salak (2.211 mdpl)

Gunung Salak
Sumber Gambar : kotamini.com

Gunung salak terletak di selatan Jakarta, tepatnya di Kabupaten Sukabumi dan Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Saat ini Gunung salak termasuk kedalam pengelolaan Taman Nasional Gunung Halimun-Salak (TNGHS). Gunung salak memiliki Puncak yaitu : puncak salak 1 yang dikenal dengan Puncak Manik (2.211 mdpl), Puncak salak 2 (2180 mdpl) dan Puncak Sumbul (1.926 mdpl).

5.  Gunung Gede (2.958 mdpl) dan Gunung Pangrango (3.019 mdpl)

Gunung Gede Pangrango
Sumber Gambar : ACT.id

Siapa yang tidak tau Gunung Gede dan Gunung Pangrango, semua warga Jawa Barat bahkan Jakarta sudah tidak asing dengan Kedua Gunung Ini. Kedua Gunung Ini merupakan Gunung yang saling berdampingan yang dikelola oleh Taman Nasional Gunung Gede-Pangrango (TNGP) dan pastinya bagi Mountholic sudah sering mengunjungi kaki gunungnya jika mengunjungi Kebun Raya Cibodas. Ya, Cibodas merupakan Satu dari 3 Jalur Pendakian Gunung Gede dan Gunung Pangrango. Puncak Gede Memiliki Ketinggian 2.958 Mdpl sedangkan Puncak Pangrango di ketinggian 3.019 mdpl. Di Jalur pendakian Gunung Gede Mountholic akan menemuhi padang seluas 50 hektar yang ada di ketinggian 2.750 mdpl yang banyak ditumbuhi Eidelweis sering disebut dengan Alun-Alun Suryakencana. Sedangkan di Jalur Pendakian Gunung Pangrango Mountholic akan menemui Padang serupa yang berada di 100 meter dari Puncak Pangrango, dan dikenal dengan Alun-Alun Mandalawangi (Lembah Mandalawangi).

Baca Juga :   Gunung-Gunung Menawan Yang Wajib Dikunjungi Di Banten

6.  Gunung Tangkuban Perahu (2084 Mdpl)

Gunung Tangkuban Perahu
Sumber Gambar : Travelbandung.net

Mountholic pasti sudah pernah dengar saat sekolah mengenai kisah terbentuknya Gunung Tangkuban Perahu di Bandung. Nah ternyata Gunung Tangkuban Perahu juga merupakan Gunung yang menarik buat Mountholic dan Travelholic Kunjungi. Gunung Tangkuban Perahu Berada sekitar 20 KM ke Utara dari Kota Bandung. Gunung Tangkuban Perahu merupakan Gunung Vulkanik yang masih aktif namun, memiliki daya yang luar biasa.

7.  Gunung Malabar (2.343 Mdpl)

Gunung Malabar
Sumber Gambar : khroel.blogspot.com

Mountholic ada yang tau Gunung Malabar ?. Gunung ini memang kurang dikenal buat yang tinggal di Jabodetabek tapi kalo Mountholic tinggal di Sekitar Bandung pasti sudah tidak asing lagi. Gunung Malabar merupakan Gunung Vulkanik Aktif yang terletak di Kabupaten Bandung Selatan.

8.  Gunung Bukittunggul (2209 mdpl)

Gunung Bukittunggul
Sumber Gambar : batcaveminis.blogspot.co.id

Gunung Bukittunggul beradai di Jawa Barat Tepatnya di Bandung Utara. Gunung Bukit Tunggul merupakan Gunung tertinggi dari pegunungan Lembang atau pegunungan Bandung Utara. Puncak-Puncak lainnya antara lain Sunda (1859 mdpl), Putri (1587 mdpl), manglayang (1818 mdpl), Cangah (1659 mdpl), Aseupan (1620 mdpl) dan Karamat (1200 mdpl). Gunung Bukit tunggul merupakan salah satu dari hasil letusan besar Gunung Sunda pada Zaman Prasejarah.

9.  Gunung Burangrang (2064 mdpl)

Gunung Burangrang
Sumber Gambar : jelajahgunungbandung.com

Gunung Burangrang tidak jauh dari gunung Bukit Tunggul yaitu terletak di Pegunungan Bandung Utara. Puncak tertinggi Gunung Burangrang adalah 2064 mdpl. Gunung Burangrang merupakan gunng api yang sudah tidak aktif lagi.

10.  Gunung Tampomas (1684 mdpl)

Gunung Tampomas
Sumber Gambar : indonesiaituindah.net

Gunung yang satu ini pasti sudah tidak asing bagi mountholic. Gunung Tampomas ini berada di sebelah utara kota Sumedang dan memiliki ketinggian 1684 mdpl serta memiliki sumber air panas yang keluar di daerah sekitar kaki gunung. Gunung Tampmas berada di area Taman Wisata Alam Gunung Tampomas. Secara administratif, kawasan Gunung Tampomas ini berada di beberapa kecamatan yaitu Buahdua, Conggeang, Paseh, Cimalaka dan tanjungkerta. Puncak Tampomas dikenal oleh penduduk sekitar sebagai Sangiang Taraje yang memeiliki luas 1 hektare dari atasnya mountholic bisa menikmati pemandangan indah Kota Sumedang dan sekitarnya.

11. Gunung Puntang (2222 Mdpl)

Gunung Puntang
Sumber Gambar : hemoyus.wordpress.com

Gunung Puntang adalah salah satu gunung yang berada di Desa Cempaka Mulya Kec. Cimaung Puntang – Banjaran Kab. Bandung Selatan. Mountholic membutuhkan waktu sekitar Satu setengah Jam perjalanan dari Kota Bandung kearah selatan. Gunung Puntang memiliki ketinggian 2222 mdpl dan memilik udara yang sejuk khas pegunungan. Ditempat ini Mountholic akan bertemu dengan Para Pesepedah gunung yang juga menikmati lingkungan di Gunung Puntan. Gunung puntang juga termasuk dalam gugusan gunung Malabar.

Baca Juga :   Gunung-Gunung Yang Wajib Anda Kunjungi di Jawa Tengah

12. Gunung Kamojang (1730 mdpl)

Gunung Kamojang
Sumber Gambar : NativeIndonesia.Com

Gunung Kamojang dikenal luas dengan Kawah Kamojang. Kawah kamojang adalah salah satu sumber panas bumi di Jawa Barat sebagai Sumber PLTP Kamojang milik Pertamina yang berlokasi di Kamojang Samarang Garut. Kawah kamojang banyak dikunjungi para travelholic dari berbagai negara sekaligus menjadi spot pendakian bagi para mountholic. Ketinggian Gunung Kamojang ini di 1.730 mdpl. Di Gunung Kamojang selain Kawah kamojang yang menjadi magnet pengunjung, ada juga Danau Ciharus.

13.  Gunung Guntur/Masigit (2249 mdpl)

Gunung Guntur
Sumber Gambar : explore1ndonesia.blogspot.co.id

Gunung Guntur terletak di Sinarjaya, Tarogong Kaler, Kabupaten Garut Jawa Barat. Gunung yang memiliki ketinggian 2249 mdpl ini dikenal dengan miniatur Semeru karena kountur tanahnya yang berpasir dan berkerikil. disarankan jika mengunjungi Gunung Guntur jangan di Musim kemarau. Berdampingan dengan Gunung Guntur terdapat gunung-gunung lain yang masuk dalam Pegunungan guntur yaitu : Gunung Parupuyan (2135 mdpl) dan Gunung Kabuyutan (2048 mdpl).

14.  Gunung Papandayan (2665 Mdpl)

Gunung Papandayan
Sumber Gambar : Jelajahgarut.com

Mountholic pastinya sudah tidak asing dengan Gunung Papandayan. Gunung ini seringkali menjadi gunung awal bagi para Mountholic di Jawa Barat karena kontour gunung yang cenderung landai tidak terlalu terjal dan pemandangan yang eksotis. Gunung Papandayan berlokasi di Kec. Cisurupan, Kab. Garut Jawa Barat serta memiliki ketinggian (2665 mdpl). Pemandangan yang akan Mountholic temui di Gunung Papandayan antara lain : Kawah Belerang dengan kontur jalan berbatu; Setelah itu teman-teman akan ditemui dengan pohonan semak belukar; Mountholic juga akan menemuhi padang Edelweis di Pondok Salada dan Tegal Alun.

15.  Gunung Cikuray (2821 Mdpl)

Gunung Cikuray
Sumber Gambar : manusialembah.blogspot.com

Gunung Cikuray berlokasi di Dayeuhmanggung, Kabupaten Garut, Jawa Barat dan merupakan gunung tertinggi di Garut dan gunung tertinggi keempat di Jawa Barat. Gunung Cikury di kategorikan beriklim tropis basah dan memiliki ketinggian (2821 mdpl). Untuk mendaki sampai kepuncak Cikurai, ada dua jalur yang umum dilalui. Pertama melalui perkebunan teh Dayeuh Manggung, Cilawu dan perkebunan Giri Awas, Cikajang. Sementara jalur lainnya yang bisa dikatakan terpendek menuju puncak adalah melalui desa Cihuru-Cigedug kecamatan Bayongbong dan dari desa Pamalayan. Namun, jalur ini sangat jarang dilalui orang, dikarenakan kondisi jalurnya sudah tidak begitu jelas dan medannya ditumbuhi hutan yang relatif lebih rapat.

Baca Juga :   Gunung-Gunung Yang Wajib Anda Kunjungi di Jawa Tengah

16.  Gunung Galunggung (2167 Mdpl)

Gunung Galunggung
Sumber Gambar : bisniswisata.co.id

Gunung Galunggung merupakan gunung berapi dengan ketinggian 2167 mdpl yang masih aktif. Gunung Galunggun terletak 17 km dari Kota Tasikmalaya tepatnya di Desa Cipanas Kec. Sukaratu Kab. Tasikmalaya. Gunung Galunggung merupakan Gunung favorit mountholic Jawa Barat loh, karena pesona yang luarbiasa alam Gunung Galunggung.

17.  Gunung Ceremai/Ciremai (3078 Mdpl)

Gunung Ceremai/Ciremai
Sumber Gambar : petaniadv.com

Gunung Ceremai (atau umum dikenal dengan Gunung Ciremai) adalah Gunung yang berada di dua Kabupaten yaitu Kabupaten Kuningan dan Kabupaten Majalengka Provinsi Jawa Barat. Puncak tertinggi Gunung Ceremai ada di Ketinggian 3078 mdpl yang dikenal dengan Puncak Sunan Cirebon dan puncak kedua di ketinggian 3058 mdpl yang dikenal juga sebagai Puncak Sunan Mataram / Sunan Talaga.

18.  Gunung Syawal (1764 Mdpl)

Gunung Syawal
Sumber Gambar : Bluetripper.com

Gunung Syawal berada di Kabupaten Ciamis, Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Wilayahnya masuk meliputi kecamatan Panjalu, Cipaku, Kawali, Sadananya, Cikoneng, Sindangkasih, Cihaurbeuti, dan Panumbangan. Pegunungan indah ini menjadi ikon Ciamis, terbukti dengan dijadikannya Gunung Sawal sebagai latar dari logo Kabupaten Ciamis. Puncak tertinggi Gunung Syawal berada di Ketinggian 1764 mdpl.

19.  Gunung Cakrabuana (1721 mdpl)

Gunung Cakrabuana
Sumber Gambar : Epictio.com

Gunung Cakrabuana berada di utara Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat diusulkan menjadi taman hutan raya (Tahura). Usulan ini, muncul dari warga lima kabupaten yang daerahnya berbatasan langsung dengan gunung itu, yakni Kabupaten Garut, Sumedang, Tasikmalaya, Majalengka dan Ciamis. Gunung Cakrabuana ini memiliki puncak di ketinggian 1721 mdpl. Gunung Cakrabuana dapat didaki melalui 4 Jalur antara lain : jalur Bunar Kec Pageurageung Tasikmalaya . Jalur Sukanyiru Kec Wado Sumedang . Jalur Cakrawati Lemah Putih, Kecamatan Lemahsugih, Majalengka , dan melalui barat Kecamatan Malangbong, Garut.

Banyak sekali potensi wisata gunung khususnya di Jawa Barat, saya rasa Travelholic sepakat dengan saya. Akan sangat baik jika semua gunung tersebut dapat dikelola dengan baik dan senantiasa dijaga keasriannya agar anak-anak kita kelak kita bisa ajak mendaki gunung tersebut agar bisa menikmati keindahannya serta belajar menjadi orang yang arif bukan orang yang naif.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *